IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KENDAL

  • Ikhsan Intizam STIT Muhammadiyah Kendal
  • Achmad Kurniawan Pasmadi STIT Muhammadiyah Kendal
Keywords: Pendidikan Kemuhammadiyahan, Perilaku Keberagamaan Siswa

Abstract

Pembelajaran Kemuhammadiyahan dimaksudkan membekali peserta didik/siswa secara khusus dengan nilai-nilai agama dan Kemuhammadiyahan yang memadai sebagai bekal memahami ajaran Islam dan sesuai dengan pandangan hidup Muhammadiyah. Penelitian ini membahas tema tiga rumusan permasalahan yaitu, Bagaimanakah implementasi pendidikan Kemuhammadioyahan?, bagaimanakah perilaku keberagamaan siswa? Dan bagaimanakah implementasi pendidikan Kemuhammadiayahan dalam membentuk perilaku keberagamaan siswa SMA Muhammadiyah 4 Kendal? Penelitian deskriptif kualitatif, Jenis datanya dari observasi langsung di lapangan, interview dengan guru Kemuhammadiyahan, siswa, dan kepala sekolah, dan dokumentasi dari daftar nilai ulangan harian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi Pendidikan Kemuhammadiyahan dilaksanakan sesuai Rencana Program Pembelajaran, melakukan proses dan evaluasi pembelajaran; 2) Perilaku keberagamaan siswa tergolong baik; 3) Implementasi Pendidikan Kemuhammadiyahan dalam Membentuk Perilaku Keberagamaan Siswa pelaksanaannya terintegrasi dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di dalam kelas dan di luar kelas mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta sesuai dengan indikator keberhasilan. Adapun implementasinya menggunakan sistematika pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Melalui integrasi tersebut implementasi pendidikan Kemuhammadiyahan dalam membentuk perilaku keberagamaan siswa orientasi keberhasilannya mengacu pada pedoman hidup Muhammadiyah.

Published
2019-08-15
Section
Articles