PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Siti Nur Fatimah Kemenag Kabupaten Semarang
Keywords: Metode Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali data penggunaan metode problem solving dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa MI Ma’arif Gedangan dan MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif, dengan data berupa narasi diskriptif. Metode penggalian data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sumber data dari kepala sekolah, guru dan siswa pada MI Ma’arif Gedangan dan MI Ma’arif Rowosari. Analisis penelitian menggunakan display data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Penggunaan metode problem solving di MI Maarif Gedangan dan MI Ma’arif Rowosari sudah bagus, meskipun langkah-langkahnya belum sempurna, guru masih menggunakan media sederhana, 2) Kemampuan siswa setelah pembelajaran menggunakan metode problem solving lebih meningkat, siswa mampu memfokuskan pertanyaan, mampu mengeluarkan pendapat, dan lebih mudah dalam menerima materi, 3) Hambatan dalam penggunaan metode problem solving adalah kurangnya pelatihan bagi guru sehingga belum menguasai langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode problem solving, membutuhkan waktu yang lama, media dan sumber belajar yang ada terbatas, sedangkan faktor penunjangnya adalah motivasi dari kepala madrasah, alat peraga dan buku penunjang yang sesuai dengan materi pembelajaran sebagai sumber belajar.

Published
2019-08-15
Section
Articles