PENDEKATAN READING ALOAD DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SKI PESERTA DIDIK PADA MATERI JEJAK PERADAPAN DINASTI AYYUBIYAH

  • Zainudin Zainudin Kemenag Kendal
Keywords: Tauhid Rububiyah dan Uluhiyah, Asma dan Sifat, Al-Fathihah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran Reading Aload dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pemahaman Jejak Peradapan Dinasti Ayyubiyah Mata Pelajaran SKI Kelas VIII A MTs NU 30 Al Masyhud Weleri Kendal Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 16 peserta didik sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Masing-masing siklus diambil data dari tes akhir setelah tindakan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pra siklus 67,13 dan peserta didik yang tuntas 9 (56,25%) anak, setelah akhir tindakan siklus I nilai rata-rata 68,31 dan peserta didik yang tuntas 10 (62,50%) anak, kemudian setelah tindakan siklus II nilai rata-rata adalah 81,56 dan peserta didik yang tuntas 14 (87,50%) anak. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dan nilai di atas KKM masing-masing siklus. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Reading Aload dapat meningkatkan prestasi belajar pada pemahaman Jejak Peradapan Dinasti Ayyubiyah Mata Pelajaran SKI. Disarankan agarĀ  guru dapat menggunakan Reading Aload sebagai model pembelajaran.

Published
2019-08-15
Section
Articles