METODE INDEX CARD MACTH DAPAT MENINGKATKAN KOMPETENSI MUFRADAT BAHASA ARAB MATERI A`MALNA FI AL-MADRASATI WA AL-BAITI PADA SISWA KELAS VI-1 MI NU 27 WONOSARI PATEBON KENDAL

  • Makmun Makmun Kemenag Kendal
Keywords: Kompetensi Mufradat, Metode Index Card Macth

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan apakah penggunaan metode Index Card Macth dapat meningkatkan kompetensi mufradat bahasa Arab materi A`malna fi al-Madrasati wa al-Baiti pada siswa kelas VI-1 MI NU 27 Wonosari?. Penelitian ini melibatkan 39 siswa dan didesain melalui 2 siklus, setiap tahapan meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan, intervieu, dan dokumentasi di lapangan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif untuk mengukur kinerja guru, dan keaktifan belajar siswa dan analisis kuantitatif untuk mengukur kompetensi mufradat siswa. Hasil penelitian menunjukkan metode Index Card Macth berhasil meningkatkan kemampuan mufradat siswa ditandai peningkatan pencapaian kompetensi belajar dari pra siklus rata-rata hasil belajar siswa 50,1 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 23,1 %, meningkat pada siklus I, sebesar 68,2 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 61,5 %, dan akhirnya pada siklus II, sebesar 77,4 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,2 %. Melalui tindakan guru menggunakan metode Index Card Macth, juga berhasil meningkatkan kinerja guru dan keaktifan belajar siswa.

Published
2019-08-15
Section
Articles