MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN IMPLEMENTASINYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Khoirun Nisak Kemenag Kabupaten Semarang
Keywords: Pembelajaran Problem Posing, Matematika, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali data tentang implementasi model pembelajaran problem posing pada mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas V Madrasah Ibtisaiyah  Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data berupa narasi diskriptif. Metode penggalian data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Peneliti melaksanakan observasi langsung  untuk memperoleh data dari sumber kepala sekolah, guru dan siswa pada Madrasah Ibtidaiyah yaitu MI Miftahul Huda Lopait, MI Maarif Tuntang, MI Tarbiyatul Aulad Jombor. Analisis penelitian ini menggunakan display data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian dirumuskan sebagai berikut: 1) Model pembelajaran problem posing merupakan salah satu alternatif dan pembaharuan metode untuk melengkapi pembelajaran konvensional; 2) Model pembelajaran problem posing menumbuhkan kreativitas bagi guru dalam tugas mengajar; 3) Model pembelajaran problem posing dapat membangkitkan minat siswa; dan 4) Model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan prestasi belajar terutama mata pelajaran matematika.

Published
2019-08-15
Section
Articles