METODE STAD DAPAT MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA PADA SISWA KELAS II MI NU 17 KEBONHARJO PATEBON KENDAL

  • Nur Wahidah Kemenag Kendal
Keywords: Metode STAD, Hasil Belajar dan Keaktivan Belajar IPA, Bumi dan Alam Semesta

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktivan siswa pada pembelajaran IPA pada materi Bumi dan Alam Semesta melalui metode STAD di kelas II MI NU 17 Kebonharjo Patebon Kendal Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini melibatkan 34 siswa. Data penelitian diambil menggunakan teknik observasi langsung di lapangan, tes, dan interview dengan guru dan siswa. Analisis data menggunakan analisis kualitatif untuk mengukur keaktifan belajar, dan analisis kuantitatif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil Belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa pada pra siklus 4 siswa atau 17%, pada siklus 1 12 siswa atau 52 %, dan pada siklus II menjadi 20 siswa atau 87% dari 23 siswa; dan 2) Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan keaktifan belajar siswa pada pra siklus didominasi kategori rendah 13 siswa atau 56,6%, pada siklus I didominasi kategori sedang 9 siswa atau 39,1%, dan pada siklus II didominasi kategori baik 11 siswa atau 47,8%. Hasil tersebut telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan sehingga penelitian ini dianggap berhasil.

Published
2019-08-15
Section
Articles