IMPLEMENTASI NILAI NASIONALISME DAN GOTONG ROYONG DALAM MATA PELAJARAN PKn DI MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Nadlirotul Muniroh
Keywords: Nasionalisme, Gotong Royong, PKn

Abstract

Penanaman nilai nasionalisme dan gotong royong
merupakan bagian dari nilai-nilai yang wajib dalam
Penguatan Pendidikan Karakter. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui implementasi nilai nasionalisme dan
gotong royong di MI Pabelan, mengetahui implementasi nilai
nasionalisme dan gotong royong di MI Miftahun Najihin
Kecamatan Pabelan, dan mengetahui masalah yang dihadapi
dan upaya solutif di MI Pabelan dan MI Miftahun Najihin
Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan fenomenologi. Mengetahui Implementasi nilai
Nasionalisme dan Gotong Royong dalam Mata Pelajaran PKn,
peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi nilai karakter
nasionalisme dan gotong royong di MI Pabelan dan MI
Miftahun Najihin, menumbuhkan antusiasme siswa dalam
menghayati, menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan
sebagai bangsa Indonesia serta menumbuhkan sikap kerja
sama, berbagi (gotong royong). Dalam proses penanaman
nilai karakter nasionalisme dan gotong royong di MI Pabelan
dan MI Miftahun Najihin melalui beberapa strategi yaitu
penciptaan budaya madrasah, ruang berkarakter,
keteladanan guru, dengan penanaman nilai di dalam
pembelajaran dan di luar pembelajaran

Published
2019-02-01