PENGARUH NILAI-NILAI BUDI PEKERTI DAN PENGASUHAN DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA

  • Siti Asiyah
Keywords: Nilai-nilai Budi Pekerti, Pengasuhan Demokratis Orang Tua, Kecerdasan Emosional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh nilai-nilai
budi pekerti terhadap kecerdasan emosional siswa; 2) mengetahui
pengaruh pengasuhan demokratis orang tua terhadap kecerdasan
emosional siswa; dan 3) mengetahui pengaruh secara bersama-sama
antara nilai-nilai budi pekerti dan pengasuhan demokratis orang tua
terhadap kecerdasan emosional siswa MI Ma’arif Candirejo dan MI
Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan sampel 57
siswa. Variabel yang diteliti meliputi nilai-nilai budi pekerti, pengasuhan
demokratis orang tua dan kecerdasan emosional siswa. Metode
pengumpulan data dengan kuesioner, analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan statistik dengan regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kekuatan
pengaruh antara nilai-nilai budi pekerti (X1) terhadap kecerdasan
emosional siswa (Y) dinyatakan dalam koefisien regresi linear (r) 0,440
dengan p= 0,001 menunjukkan pengaruh antara nilai-nilai budi pekerti
terhadap kecerdasan emosional siswa. Kekuatan pengaruh antara
pengasuhan demokratis orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa
dinyatakan dalam (r) 0,320 dengan p= 0,015 maka ada pengaruh
pengasuhan demokratis orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa.
Pengaruh antara nilai-nilai budi pekerti dan pengasuhan demokratis
orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa. Karena probabilitas
(0,001) jauh lebih kecil dari 0,05 maka Ho di tolak, jadi ada pengaruh
secara bersama-sama antara nilai-nilai budi pekerti dan pengasuhan
demokratis orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa MI Ma’arif
Candirejo dan MI Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang
Tahun Pelajaran 2017/2018

Published
2019-02-01